PERTEMUAN 10: PENGGUNAAN FORMULA DAN FUNGSI DASAR

Menyisipkan Operator Aritmatika Pada Formula

a. Bekerja Dengan Rumus Formula

Rumus adalah bagian penting dari Microsoft Excel, digunakan dalam hampir setiap tabel atau dokumen. Operator aritmatika yang sering ditemui adalah:

LambangFungsi
=Memulai penulisan fungsi
+Penjumlahan
-Pengurangan
*Perkalian
/Pembagian
^Perpangkatan
, atau ;Pembatas antar rumus
( dan )Mengawali dan mengakhiri kelompok rumus
< , > , <= , >= , <>Operasi perbandingan
%Persentase

Proses perhitungan dimulai dari pangkat (^), kali (*), bagi (/), tambah (+), dan pengurangan (-). Rumus dalam tanda kurung () dihitung terlebih dahulu oleh komputer.

1) Operasi Penjumlahan

Langkah-langkah: a) Ketik contoh penjumlahan di lembar kerja Excel. b) Tempatkan sel aktif pada C2, kita akan menjumlahkan kolom 1 dan kolom 2. c) Ketikkan rumus di C2, misalnya =A2+B2. d) Lanjutkan penjumlahan untuk bagian berikutnya (C3 sampai C6) dengan cara yang sama.

2) Operasi Pengurangan

Langkah-langkah: a) Ketik contoh pengurangan di lembar kerja Excel. b) Kurangi kolom B dengan kolom A. c) Lanjutkan pengurangan untuk bagian berikutnya (C3 sampai C6) dengan cara yang sama.

3) Operasi Perkalian

Langkah-langkah: a) Ketik contoh perkalian di lembar kerja Excel. b) Kalikan kolom 1 dengan kolom 2. c) Lanjutkan perkalian untuk bagian berikutnya (A3 sampai C6) dengan cara yang sama.

4) Operasi Pembagian

Langkah-langkah: a) Ketik contoh pembagian di lembar kerja Excel. b) Bagikan kolom 2 dengan kolom 1. c) Lanjutkan pembagian untuk bagian berikutnya (B3 sampai A6) dengan cara yang sama.

Penggabungan Operasi Aritmatika

Langkah-langkah:

  1. Ketik contoh penggabungan operasi aritmatika di lembar kerja Excel.
  2. Tahap 1: Penjumlahan antara kolom 1 dan kolom 2, isi D2 dengan =A2+B2.
  3. Tahap 2: Pembagian antara tahap 1 dan kolom 3, isi D2 dengan =D2/C2.

Operasi Aritmatika Lanjut

Langkah-langkah:

  1. Ketik contoh operasi aritmatika lanjut di lembar kerja Excel.
  2. Tempatkan sel aktif di kolom F2.
  3. Rata-rata dihitung dengan rumus =(nilai1+nilai2+nilai3)/3.
  4. Isi F2 dengan =(C2+D2+E2)/3.

Menyisipkan Fungsi Dasar (SUM, AVERAGE, MAX, MIN, COUNT)

a. Menggunakan Fungsi

Fungsi adalah rumus yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk membantu dalam perhitungan. Format fungsi:

  1. Dimulai dengan lambang =.
  2. Nama fungsi harus diikuti tanda kurung ().
  3. Satu atau lebih argumen harus berada dalam tanda kurung ().
  4. Jika ada beberapa argumen, dipisahkan dengan tanda ,.
  5. Argumen adalah nilai data dalam fungsi yang membentuk suatu operasi.

Fungsi Statistika

FungsiBentuk PenulisanKegunaan
SUM=SUM(range)Menjumlahkan seluruh data dalam satu baris atau kolom
MAX=MAX(range)Mencari nilai tertinggi dari seluruh data dalam satu baris atau kolom
MIN=MIN(range)Mencari nilai terendah dari seluruh data dalam satu baris atau kolom
AVERAGE=AVERAGE(range)Menghitung rata-rata dari seluruh data dalam satu baris atau kolom
COUNT=COUNT(range)Menghitung jumlah data dalam satu baris atau kolom

1) Fungsi SUM

Langkah-langkah: a) Ketik contoh data di lembar kerja Excel. b) Masukkan fungsi di A8, =SUM(A2:A7), lalu enter. c) Gandakan fungsi di A8 ke B8 sampai C8.

2) Fungsi AVERAGE

Langkah-langkah: a) Ketik contoh data di lembar kerja Excel. b) Masukkan fungsi di D2, =AVERAGE(A2:C2), lalu enter. c) Gandakan dari D3 sampai D7.

3) Fungsi MAX

Langkah-langkah: a) Ketik contoh data di lembar kerja Excel. b) Cari nilai terbesar di B7 dengan rumus =MAX(B2:B6), lalu enter.

4) Fungsi MIN

Langkah-langkah: a) Ketik contoh data di lembar kerja Excel. b) Cari nilai terkecil di B7 dengan rumus =MIN(B2:B6), lalu enter.

5) Fungsi COUNT

Langkah-langkah: a) Ketik contoh data di lembar kerja Excel. b) Hitung jumlah data di B7 dengan rumus =COUNT(B2:B6), lalu enter.




Posting Komentar

0 Komentar