PERTEMUAN 7: TATA CARA MEMBUAT MAKALAH DENGAN RAPIH DAN OTOMATIS

 Membuat Nomor Halaman Otomatis

Langkah-langkah membuat nomor halaman otomatis di Microsoft Word:

  1. Klik pada tab Insert dan pada grup Header & Footer, pilih dan klik Page Number.
  2. Pilih lokasi nomor halaman (top of page untuk di atas, bottom of page untuk di bawah).
  3. Jika ingin nomor halaman di tengah, pilih bottom of page dan pilih Plain Number 2.
  4. Untuk penomoran berbeda di setiap halaman, pisahkan halaman dalam beberapa section.

Membuat Daftar Isi Otomatis

Langkah-langkah membuat daftar isi otomatis:

  1. Buka dokumen yang sudah diketik.
  2. Blok tulisan yang akan ditampilkan dalam daftar isi, misalnya "BAB I PENDAHULUAN".
  3. Klik menu References, lalu Add Text pada sub menu Table of Contents, dan pilih level (1, 2, atau 3).
  4. Ulangi untuk semua sub item dan bab lainnya.
  5. Buka halaman baru di akhir dokumen atau halaman yang diinginkan.
  6. Masih di menu References, pilih Table of Contents dan pilih Automatic Table 1.
  7. Edit judul "Content" menjadi "DAFTAR ISI" jika perlu. Untuk perubahan lainnya, update table dengan klik pada kotak daftar isi dan pilih Update Table.

Membuat Daftar Gambar atau Tabel Otomatis

Langkah-langkah membuat daftar gambar atau tabel otomatis:

  1. Klik kanan pada gambar atau tabel, lalu pilih Insert Caption.
  2. Isi label dengan "Gambar" atau "Tabel". Jika tidak ada dalam combobox, klik New Label dan tambahkan.
  3. Format caption sesuai kebutuhan (menu Home > Style > Caption > klik kanan Modify).
  4. Setelah semua gambar atau tabel diberi caption, buat daftar gambar atau tabel:
    • Pilih halaman untuk daftar gambar dan tabel.
    • Pilih menu References > Insert Table of Figures.
    • Pilih label "Gambar" atau "Tabel" pada Caption label dan klik OK.

Membuat Daftar Pustaka Otomatis

Langkah-langkah membuat daftar pustaka otomatis:

  1. Pilih menu References, lalu klik Manage Sources.
  2. Klik New di bagian tengah, pilih sumber referensi (buku, jurnal, dll).
  3. Isi field sesuai referensi (nama penulis, judul buku, tahun terbit, dll).
  4. Klik OK untuk menyimpan referensi.
  5. Untuk membuat daftar pustaka:
    • Pilih style (misalnya APA) pada kolom style.
    • Pilih menu References > Bibliography > Works Cited untuk membuat daftar pustaka dari sumber yang sudah dikutip.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, mahasiswa akan mampu membuat makalah dengan rapi dan otomatis menggunakan fitur-fitur di Microsoft Word.




Posting Komentar

0 Komentar