PERTEMUAN 3: PEMANFAATAN KOMPUTER DI MASYARAKAT

 1. Masyarakat

Masyarakat diartikan sebagai kumpulan individu yang berinteraksi satu sama lain dalam suatu kelompok. Kehidupan masyarakat terus berubah dan interaksi antar anggota sangat penting untuk memenuhi kebutuhan.

Beberapa definisi masyarakat menurut para pakar:

  • Max Weber: Masyarakat merupakan organisasi dengan struktur yang memiliki nilai-nilai dan harapan pada setiap individunya.
  • Selo Soemardjan: Masyarakat adalah kelompok yang berkumpul bersama dan menghasilkan kebudayaan.
  • Emile Durkheim: Masyarakat adalah objektif perorangan dalam suatu kelompok yang hidup dalam sistem sosial dengan interaksi antar sesama.

Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan interaksi untuk hidup, dan ini tercermin dalam berbagai aspek kehidupan seperti pendidikan, di mana lembaga pendidikan memerlukan interaksi dengan pihak lain untuk menjalankan kegiatan.

2. Dinamika Masyarakat

Perubahan dalam masyarakat merupakan hal yang tak terhindarkan. Manusia perlu menghargai satu sama lain agar dapat hidup berkelompok dan beradaptasi dengan lingkungan. Perubahan sosial terjadi ketika manusia menghadapi kenyataan hidup yang dinamis, seperti dalam situasi kesehatan atau kebutuhan makan.

3. Pemanfaatan Komputer

Komputer sangat berpengaruh dan berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk individu maupun kelompok, di berbagai negara. Teknologi komputer terus berkembang dan kini memiliki banyak aplikasi, termasuk dalam jasa pengiriman, data center, dan lain-lain.

Beberapa pemanfaatan komputer dalam kehidupan:

  • Sebagai Alat Pengolah Data: Komputer mengolah data secara mekanik elektronik, mekanik, manual, atau elektronik.
  • Bidang Kesehatan: Komputer membantu dokter memantau kesehatan pasien, seperti memeriksa detak jantung atau perkembangan bayi.
  • Bidang Transportasi: Komputer memantau jadwal penerbangan, kereta, dan transportasi lainnya. Komputer juga digunakan dalam navigasi pesawat.
  • Bidang Pendidikan: Komputer memfasilitasi pembelajaran jarak jauh, administrasi sekolah, dan akses informasi pendidikan melalui internet.
  • Bidang Jasa Pengiriman Barang: Jasa pengiriman memanfaatkan komputer untuk pelacakan barang dan pengiriman surat elektronik.
  • Bidang Jasa Konstruksi: Arsitek menggunakan komputer untuk desain bangunan dengan aplikasi seperti SketchUp dan AutoCAD.
  • Bidang Pertahanan dan Keamanan Negara: Komputer mengendalikan senjata dan peluru kendali.
  • Bidang Industri: Perusahaan industri menggunakan komputer untuk mengendalikan mesin-mesin produksi.
  • Bidang Jasa: Percetakan koran dan majalah menggunakan komputer dalam proses pencetakan.
  • Bidang Industri Perfilman: Komputer digunakan dalam penyuntingan dan pengeditan film.
  • Bidang Industri Rekaman: Komputer membantu dalam penyuntingan suara dan produksi album rekaman.
  • Bidang Olahraga: Komputer membantu wasit dalam memantau pelanggaran dalam permainan sepak bola.

4. Dampak Akibat Adanya Komputer

Penggunaan komputer membawa dampak positif dan negatif dalam kehidupan masyarakat.

Dampak positif:

  1. Mendapatkan informasi lebih mudah dan cepat.
  2. Mempermudah komunikasi melalui e-mail, smartphone, dll.
  3. Memudahkan pekerjaan di berbagai bidang.
  4. Transportasi lebih baik dengan layanan seperti ojek online.

Dampak negatif:

  1. Kurangnya sosialisasi secara langsung.
  2. Data mudah dicuri jika tersambung ke internet.
  3. Pekerjaan digantikan oleh mesin di banyak industri.

Peranan keluarga dalam memanfaatkan teknologi:

  1. Sosialisasi antara anggota keluarga.
  2. Menentukan skala prioritas kebutuhan teknologi.
  3. Orang tua harus mengetahui perkembangan teknologi.
  4. Orang tua membimbing dan mengawasi penggunaan teknologi oleh anak.
  5. Meningkatkan kesadaran anak dalam memanfaatkan teknologi dengan benar.

5. Isu Sosial dan Masalah yang Terjadi di Masyarakat

Komputer dan teknologi membawa berbagai isu sosial di masyarakat, seperti:

  • Bidang Pekerjaan: Penggantian peran manusia oleh komputer.
  • Bidang Kesehatan: Dampak kesehatan akibat penggunaan komputer.
  • Hak Kebebasan Pribadi: Kekhawatiran data pribadi disalahgunakan.
  • Kendali yang Terpusat: Penguasa mengendalikan data secara terpusat.
  • Tanggung Jawab: Tanggung jawab masyarakat dalam penggunaan teknologi.
  • Citra Diri Manusia: Pengaruh komputer terhadap citra diri manusia.
  • Etika dan Profesionalisme: Kebutuhan etika profesi di bidang komputer.
  • Kepentingan Nasional: Dampak ekonomi dari penggunaan komputer.
  • Kesenjangan Keahlian: Persaingan akibat kesenjangan keahlian teknologi.


Posting Komentar

0 Komentar