PERTEMUAN 12: KEAMANAN KOMUNIKASI DATA


  1. Pendahuluan Komunikasi Data Komunikasi data adalah bagian integral dari sistem telekomunikasi yang secara khusus berhubungan dengan transmisi data. Transmisi data adalah transfer pesan atau informasi dari pengirim ke penerima. Dalam proses komunikasi data, informasi dikirim antara dua titik menggunakan kode biner melalui saluran atau media transmisi data serta berbagai peralatan switching lainnya. Proses pengiriman ini bisa terjadi antara komputer dan terminal, antara komputer dan peralatan lainnya.

  2. Komponen Komunikasi Data Komponen-komponen utama dalam proses komunikasi data meliputi:

  • Pengirim (Sender): Piranti yang mengirimkan data.
  • Penerima (Receiver): Piranti yang menerima data.
  • Data (Message): Informasi atau pesan yang ditransmisikan.
  • Media Transmisi Data: Saluran yang digunakan untuk mentransmisikan data.
  • Protokol: Aturan-aturan yang mengatur proses komunikasi data.
  1. Ancaman Keamanan Data Ancaman keamanan data melibatkan upaya orang asing untuk mengakses informasi yang tersimpan di komputer atau internet dengan cara yang tidak sah, dan mencoba masuk ke dalam perangkat internet dengan menggunakan data yang ada di dalamnya. Beberapa ancaman keamanan meliputi:
  • Modification: Mengubah informasi yang ada, seperti kata sandi atau data keuangan.
  • Fabrication: Memasukkan informasi palsu ke dalam sistem, misalnya email palsu.
  • Interruption: Mengganggu ketersediaan data dengan merusak perangkat komputer.
  1. Aspek-aspek Keamanan Komunikasi Data Confidentiality berarti sistem memungkinkan pengguna untuk melihat hanya data yang mereka izinkan dan untuk menjaga informasi dari akses yang tidak sah. Keamanan data digital sangat penting untuk mencegah pencurian data. Beberapa cara melindungi data dan informasi di internet termasuk tidak mencantumkan informasi pribadi di profil media sosial, menggunakan keamanan ganda untuk akun, dan mengamankan koneksi WiFi di tempat umum.

  2. Kriptografi Kriptografi adalah seni menyembunyikan pesan yang perlu dijaga kerahasiaannya. Terdapat dua jenis utama kriptografi: kriptografi klasik yang menggunakan alat sederhana seperti pena dan kertas, dan kriptografi modern yang menggunakan algoritma kompleks dan kunci publik dan privat untuk enkripsi dan dekripsi data.




Posting Komentar

0 Komentar